Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) setiap 6 (enam) bulan sekali, yaitu periode Januari-Juni dan Juli-Desember.
Survei Kepuasan Masyarakat bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan diklat dan penunjang diklat untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Survei Kepuasan Masyarakat dilaksanakan sesuai dengan PermenPAN dan RB Nomor 14 Tahun 2017. Survei dilakukan secara digital, yaitu mengisi form kuesioner secara online. Form tersebut berisi 9 (sembilan) unsur yang terdapat dalam dimensi Kepuasan Masyarakat.
Setelah data terkumpul, dilakukan pengolahan data untuk mengetahui nilai Indeks Kepuasan Masyarakat. Nilai IKM kemudian diinterpretasikan pada tabel berikut:
Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat BP3 Curug pada periode Januari-Juni 2023 yaitu 88,5 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik.
Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat BP3 Curug pada periode Juli-Desember 2023 yaitu 88,6 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik.
Dengan dilaksanakannya Survei Kepuasan Masyarakat, BP3 Curug dapat mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur penyelenggara pelayanan publik. Selain itu, SKM juga dapat menjadi bahan penetapan kebijakan dan upaya tindak lanjut atas hasil survei.
Selain untuk instansi, SKM memberikan manfaat bagi masyarakat, yaitu masyarakat dapat mengetahui gambaran tentang kinerja pelayanan BP3 Curug.